PEMBEBASAN NASIONAL ATAU NASIONALISME? ~ Socialist Papua

Top Ad 728x90

Kamis, 07 April 2016

PEMBEBASAN NASIONAL ATAU NASIONALISME? Reviewed by Mambruk Post Date 15.43 Rating: 3
, ,

PEMBEBASAN NASIONAL ATAU NASIONALISME?

Untuk memahami ini, sangat penting bagi kita untuk memahami apa itu “Nation” atau Bangsa?


Oleh: Paulus Suryanta

Pengantar

Dewasa ini, dengan semakin kuatnya cengkraman Imperialisme di negeri ini, kaum borjuis dengan kencang, kembali menggembar-gemborkan perihal Nasionalisme. Sangat penting bagi kaum kiri untuk menilai lebih dalam, apa maksud-maksud dari kampanye ideologis kaum borjuis ini. Apakah suatu jawaban terhadap persoalan hari ini: penyempitan ruang demokrasi dan kemiskinan ataukah jebakan yang menghantarkan mayoritas rakyat miskin Indonesia terjerembab semakin dalam di jurang ketertindasan?

Untuk memahami ini, sangat penting bagi kita untuk memahami apa itu “Nation” atau Bangsa? Kapan, bagaimana dan apa syarat-syarat kemunculannya, terutama dalam konteks Indonesia? Apa itu Nasionalisme? Siapa yang berkepentingan terhadap Nasionalisme? Apa itu Pembebasan Nasional (National Liberation)? Apa kepentingan dan tujuan dari Pembebasan Nasional.

Jika kaum kiri tidak menjawab persoalan-persoalan ini, tidak pelak lagi akan mudah terjatuh dalam chauvinisme, reformisme ataupun oportunisme dalam posisi politiknya, yang ini membahayakan bagi keberlanjutan perjuangan untuk meniadakan penindasan dari manusia terhadap manusia yang lain (Klas).

Readmore: Pembebasan Nasional atau Nasionalisme

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90